Awal Perjalanan di Dunia Pendidikan

Dulu, saya gak pernah bercita-cita buat terjun di bidang pendidikan. FYI, cita-cita saya waktu SMA itu pengen jadi duta besar. Tapi takdir berkata lain, semuanya udah digariskan dan ditetapkan. Orang tua saya gak setuju saya ngambil jurusan Hubungan Internasional atau Ilmu Komunikasi. Mereka bilang, "Coba liat berapa banyak lulusan HI? Sedangkan lapangan pekerjaan buat lulusan HI itu gak banyak? Nanti susah dapet kerja!".

Praaaang... Saya cuma bisa berontak dalam hati. Hey, kerjaan mah bakal nyusul dengan sendirinya. Gak peduli walau lapangan pekerjaan sedikit, tapi kalau kita emang orang yang capable, pasti ada jalan. Sayangnya pemikiran saya beda banget sama pemikiran orangtua saya. Mereka pengennya anaknya itu kuliah, lulus, kerja, nikah, hidup bahagia. Padahal gak se-simple itu. Kalau kita menekuni hal yang bukan minat kita, belum tentu berhasil kan? Dan sebaliknya, kalau kita menekuni hal yang memang sesuai dengan minat kita, pasti bakal jadi berkembang.

Sebagai seorang anak pertama yang jadi panutan adik-adik, akhirnya saya pun mengalah dan menyerah pada keinginan orangtua. Takut dibilang durhaka atau gak nurut sama orangtua, nanti bisa-bisa kena azab. Duh!
Lagian, ada kalimat ampuh juga sih yang bikin saya jadi ngalah.
Ridhonya Allah itu ridhonya orangtua.
Gimana gak takut? Saya juga gak mau sih kalau kuliah saya gak diridhoin Allah, nanti jadi gak berkah ilmunya.

Singkat cerita, akhirnya saya masuk ke jurusan yang tidak diduga sebelumnya. Ada yang tau jurusan PGSD? Nah, itu jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan buat para calon guru-guru SD.

Saya gak pernah nyangka kalau saya bakal kuliah di jurusan ini dan akan disiapkan untuk jadi guru SD. Bayangin, dulu saya gak terlalu suka sama anak-anak. Alasannya? Nanti saya kasih tau.

Inilah awal perjalanan saya di dunia pendidikan. Awal yang terjadi karena paksaan orangtua yang ingin hal terbaik buat anaknya.

SHARE ON:

    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment